Bekerja dengan Git Branch atau Percabangan

Bekerja dengan Percabangan Git Branch

Git branch merupakan salah satu materi dasar git yang berkaitan dengan percabangan. Di materi ini kita akan belajar lebih dalam terkait git branch agar teman-teman terbiasa bekerja dengan percabangan.

Materi ini sangat penting terutama untuk diimplementasikan dalam project yang mengembangkan banyak fitur sehingga banyak pula tim yang mengerjakannya. Seperti telah kita singgung sedikit di materi sebelumnya mengenai membandingkan revisi git.

Melihat Daftar Branch atau Cabang

Saat bekerja pada suatu project dengan banyak branch dan perlu berpindah-pindah cabang, tentu saja kita akan memerlukan melihat daftar branch yang ada. Terdapat dua cara untuk melihat list cabang di git. Berikut ini perintah untuk melihat branch yang tesedia.

1. Menggunakan git branch

Perintah:

git branch

Output:

* main

2. Menggunakan git branch --list

Perintah:

git branch --list

Output:

* main

Melihat Branch Saat Ini

Kita mungkin saja lupa sedang di branch mana saat ini akibat banyaknya branch yang tersedia. Jika kita perlu mengecek di branch mana kita saat ini, maka cukup lakukan perintah berikut.

Perintah:

git branch --show-current

Output:

main

Membuat Branch Baru

Untuk membuat branch baru, kita bisa menggunakan perintah git branch nama_branch. Pada kasus ini misalkan kita akan membuat branch baru bernama development.

Perintah:

git branch development

Cek list cabang setelah menambahkan branch baru

Perintah:

git branch

Output:

  development
* main

Berpindah Branch

Salah satu yang akan sering kita gunakan terkait dengan branch yaitu berpindah-pindah branch. Terdapat dua cara untuk berpindah dari branch satu ke branch lain.

1. Menggunakan git checkout nama_branch

Perintah:

git checkout development

Output:

Switched to branch 'development'

2. Menggunakan git switch nama_branch

Perintah:

git switch main

Output:

Switched to branch 'main'

Mengubah Nama Branch

Terkadang saat membuat branch terdapat kesalahan nama branch baik itu karena typo ataupun yang lainnya. Tapi tidak perlu khawatir, kita masih bisa mengubah nama branch di git.

Namun kita harus pindah terlebih dahulu ke branch yang akan kita ganti nama branch-nya. Kemudian lakukan perintah berikut git branch -m nama_branch_baru.

Perintah:

git branch -m develop

Menggabungkan Branch

Konsep dari menggabungkan branch yaitu menarik branch yang akan digabungkan ke branch saat ini. Untuk melakukannya gunakan perintah git merge nama_branch_perlu_gabung.

Misalnya kita akan menggabungkan branch develop ke branch main, maka kita perlu pindah terlebih dahulu ke branch main untuk menarik branch develop. Sebut saja kita sedang di branch develop, maka alurnya seperti berikut.

Pindah ke branch tujuan:

$ git switch main
Switched to branch 'main'

Lakukan merge branch develop ke main:

$ git merge develop
Updating 4fa1c3a..cbbdd61
Fast-forward
 fitur_1.txt | 1 +
 1 file changed, 1 insertion(+)
 create mode 100644 fitur_1.txt

Jika kita lihat sekarang di branch main sudah ada file baru yang sama dengan file di branch develop.

Menghapus Branch

Apabila branch sudah selesai digunakan, terkadang kita juga ingin menghapus branch tersebut agar tidak terlalu banyak branch yang ada. Untuk menghapus branch gunakan perintah git branch -d nama_branch_dihapus.

Harus keluar terlebih dahulu dari branch yang akan kita hapus. Misal dalam kasus ini, kita punya dua branch yaitu main dan develop. Sebut saja branch develop sudah selesai dan kita ingin menghapusnya. Maka pada kasus ini berarti kita perlu pindah terlebih dahulu ke branch main, lalu hapus branch develop.

Perintah:

git branch -d develop

Output:

Deleted branch develop (was cbbdd61).
Tomi Nurhidayat

Data Science dan Machine Learning Enthusiast | SEO Enthusiast.

Previous Post Next Post